Selasa, 31 Maret 2015

Mobil sport di Indonesia memiliki tingkatannya sendiri, meskipun Indonesia merupakan negara yang masih berkembang tidak seperti negara lainnya, untuk urusan mobil sport nan mewah sebagian masyarakat Indonesia tetap memiliki minat yang cukup tinggi terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan tinggi. Penjualan mobil mewah atau mobil sport di negara Indonesia memang dapat dikatakan masih rendah untuk tahun 2014, karena total penjualan mobil mewah atau sport di negara Indonesia jatuh cukup tinggi, yakni hampir mencapai 50 persen. Mobil mewah atau sport yang dapat diserap di Indonesia hanya 461 unit, sedangkan tahun 2013 penjualan mobil sport dapat mencapai 963 unit di negara Indonesia.


Apabila mengacu kepada data yang terdapat dalam Gaikindo 2014, di Indonesia tersedia 10 jenis mobil sport dengan model yang mewah, diantaranya:

1. Honda CR-Z

mobil sport Honda CR-Z

2. Volkswagen Scirocco

Mobil Sport Volkswagen Scirocco

3. Subaru BR-Z

mobil sport Subaru BR-Z

4. Toyota 86

mobil sport Toyota 86

5. Nissan GT-R

mobil sport Nissan GT-R

6. Peugeot RC-Z

Mobil Sport Peugeot RC-Z

7. Nissan Fair Lady

Mobil Sport Nissan Fair Lady

8. Hyundai Veloster

Mobil Sport Hyundai Veloster

9. Mazda MX-5

Mobil Sport Mazda MX-5

10. Mazda RX-8

Mobil Sport Mazda RX-8

Dari daftar mobil sport diatas, Volkswagen Scirocco merupakan mobil sport yang paling laris untuk tahun 2014 lalu karena tercatat 180 unit mobil ini dapat terjual, sehingga kondisi tersebut dapat menggeser posisi Honda CR-Z yang menjadi posisi kedua, yaitu dengan jumlah 119 unit mobil yang dapat terjual. Kemudian, Toyota 86 menjadi mobil yang terlaris posisi ketiga dengan di ikuti oleh saudara kembarnya, yakni Subaru BRZ yang merupakan mobil sport di Indonesia.

Hasil data dari Gaikindo 2014 mengkonfirmasi Volkswagen Scirocco sebagai mobil sport yang memiliki penggemar di Indonesia. Dari bagian atau segmen mobil sport ciri-ciri pembeli berbeda dengan konsumen mobil yang biasa karena beberapa karakteristik yang dimilikinya bukanlah seperti karakteristik pembeli mobil pertama atau mobil biasa. Biasanya pasar mobil sport di Indonesia lebih banyak diramaikan oleh pembeli yang memiliki fanatik merk, menjadi pencinta dari model mobil, atau konsumen yang memiliki hobi atas mobil sport. Dari data yang dikutip dari Gaikindo, hampir setengah dari jumlah konsumen mobil sport di Indonesia berasal dari komunitas yang memang memiliki kecintaan akan mobil sport.


Pembeli mobil sport memang bukan merupakan orang-orang yang umum karena mereka berasal dari golongan orang yang tingkat ekonominya tinggi dan mereka dapat membeli mobil sport atas dasar hobi atau kecintaannya terhadap mobil sport yang diinginkan. Seperti yang telah tercatat dalam data Gaikindo, mereka membeli dan mengincar mobil-mobil sport atas dasar kecintaan dan biasanya berasal dari komunitas. Mobil sport di Indonesia perkembangannya memang tidak seperti di negara-negara lainnya karena di negara Indonesia sendiri jumlah orang-orang yang memiliki tingkat ekonomi tinggi tidak lebih besar dari penduduk Indonesia yang sangat padat. Dapat dikatakan bahwa mobil sport di Indonesia memiliki tingkat penjualan yang cukup rendah.

0 komentar:

Posting Komentar