Jumat, 24 Juni 2016

Duet Maut Toyota-Daihatsu, Ciptakan Mobil Murah di indonesia

[berita otomotif] Tiap tahun, pendapatan dan pengeluaran tiap orang kian mengalami peningkatan. Ada yang bertambah banyak seiring kenaikan prestasi kerja, ada yang meningkat akibat tuntutan hidup yang memang tiap tahun mengalami peningkatan sebagai bentuk inflasi. Hal ini memicu gaya hidup yang berubah pula.

Tak Jarang kita bisa menemukan tiap minggu atau tiap bulan, ada saja mobil-mobil dengan plat putih bermunculan di jalan-jalan umum. Orang-orang mulai melirik kemudahan menggunakan mobil pribadi untuk mengakomodir kegiatan sehari hari mereka asuransi mobil terbaik. Namun harga mobil yang tidak murah, membuat orang berfikir puluhan kali untuk membeli sebuah mobil, apalagi mobil baru.

Namun hal ini tidak berlaku bagi dua produsen mobil ternama, Toyota dan Daihatsu. Produsen kendaraan terbesar di Jepang ini mencuatkan sebuah gagasan mobil murah yang bisa dimiliki oleh masyarakat umum. Bahkan menurut kompas.com dan ototrend.com, mobil ini digadang akan menjadi mobil yang murah dan optimal. Karena mengadaptasi teknologi Avanza dan Xenia.



Produk yang berkode D30D di sebut-sebut sebagai mobil "Adik Avanza-Xenia". Nama ini melekat lantaran sepasang model ini akan mengisi ceruk pasar di bawah Avanza-Xenia dan berstatus mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC).

Kapasitas

Dari bentuknya, bisa dipastikan mobil ini mempunyai tiga baris jok dan berkapasitas tujuh orang (seven seater). Jumlah akomodasi itu selama ini dianggap ideal bagi keluarga Indonesia, sama seperti kesuksesan Avanza-Xenia atau Kijang.

Desain lampu belakangnya ada yang bilang mirip Kijang Innova, tetapi tidak salah juga disebut seperti Grand New Avanza. Melalui produk ini, ba ik Toyota maupun Daihatsu sama-sama berharap bisa kembali mendulang penjualan.Adik Avanza-Xenia ini akan dibekali mesin 3NR-FE, berkapasitas 1.2 liter, sama seperti yang ada pada Etios Valco. Bedanya, mesin ini nantinya sudah berteknologi Dual VVT-i, demi mengompensasi tenaga lebih besar menyesuaikan ukuran bodi yang berkonfigurasi 7 penumpang.

Salah satu varian andalan dipastikan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Model ini sepertinya memang menyasar pada target konsumen utama di luar pasar tradisional, seperti Pulau Jawa dan Bali. Namun, asuransi mobil terbaik dengan besarnya penjualan nanti, bukan menutup kemungkinan Toyota akan mengembangkan transmisi otomatis untuk mesin ini.

Nama

Sesuai regulasi yang berlaku, setiap produk LCGC juga wajib menyandang nama lokal. Menurut sumber, ada beberapa nama yang sudah disiapkan, salah satunya Calya. Dalam bahasa Sansekerta, Calya berarti tidak cacat atau sempurna. Calya lebih banyak digunakan untuk nama anak perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

5 Hal sebelum memilih sewa mobil di Bandung

Menyewa mobil di Bandung merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk Anda yang berasal dari luar kota dan ingin melakukan perjalanan di ko...